Program Tabunganku


Kalau saya ditanya, 1 (satu) program yang sukses digulirkan oleh Pemerintahan SBY saat menjawab, maka dengan serta merta saya akan menjawab program TABUNGANKU.

untitled

Mungkin para pembaca bertanya-tanya, apa itu program TABUNGANKU?. Berikut akan saya jelaskan secara singkat. TABUNGANKU merupakan tabungan yang dkhususkan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan. Diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia, TABUNGANKU hadir untuk menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.

Jadi, seluruh bank di Indonesia diwajibkan Pemerintah untuk menyediakan tabungan bagi masyarakat kecil yang dibebaskan dari biaya administrasi. Saldo awalnya juga murah! dengan menyetor uang Rp 20.000 saja, teman-teman sudah bisa mendapatkan TABUNGANKU. Nah, jadi jangan takut menabung karena risiko uang akan habis ditelan biaya administrasi yah dan jenis tabungan ini harusnya ada di seluruh bank.

images

Selanjutnya saya akan menjelaskan pengalaman membuat TABUNGANKU di beberapa bank

  1. Bank BRI -> awalnya saya mau membuka TABUNGANKU di BRI Green Pramuka. Namun sesampainya di BRI Green Pramuka, securitynya menyampaikan bahwa untuk pembuatan rekening TABUNGANKU dapat dilakukan di kantor yang besar salah satunya di Gambir. Ok saya ke Gambir, dan di kantor kas Gambir ternyata mereka juga tidak bisa. Ok, say goodbye untuk BRI.
  2. Bank Mandiri -> Saya rencananya mau membuka TABUNGANKU di Bank Mandiri Patrajasa Cempaka Putih. Sesampainya di Bank ini, saya langsung menunjukkan Surat Keterangan dari Desa Bojonggede sebagai pengganti KTP-Elektronik yang sampai dengan saat ini belum ada. (Mendagri lagi sibuk ngurusin Ahok, jadi KTP-elektronik terbengkalai karena blanko di hampir seluruh wilayah KOSONG). Nah, ternyata di Bank Mandiri, mereka tidak menerima Surat Keterangan meskipun di Suket tersebut jelas bahwa sementara berfungsi sebagai pengganti KTP-Elektronik. Ok, say goodbye lagi deh dengan Bank Mandiri.
  3. Bank Mega -> Saya memprosesnya di Bank Mega yang ada di TransMart Cempaka Putih pada hari Minggu malam. Salut deh, hari minggu buka sampai dengan jam 22.00. Awalnya mereka menolak karena saya tidak membawa KTP-Elektronik namun akhirnya menerima Suket yang saya tunjukkan. Kekurangan TABUNGANKU di bank Mega adalah untuk pembuatan ATM akan dikenakan biaya 5.000 perbulan. Namun keuntungannya akan mendapatkan diskon 5% untuk setiap pembelanjaan di TransMart/Carrefour. Bank ini cukup saya rekomendasikan.
  4. Bank BCA ITC Mangga Dua -> Untuk Bank BCA, pembuatan TABUNGANKU harus sesuai dengan KTP-nya. Nah, karena saya menggunakan KTP Kabupaten Bogor, maka pembuatannya juga harus di Kabupaten Bogor.
  5. Terakhir Bank Danamon ITC Mangga Dua -> Saat saya sampaikan permintaan TABUNGANKU, tellernya langsung menyampaikan bahwa Bank Danamon ITC Mangga Dua tidak menyediakan program TABUNGANKU.

images1

Ok, bagi teman-teman yang kurang suka dengan Bank Konvensional jangan khawatir. Pemerintah juga mewajibkan Bank Syariah untuk menyediakan program TABUNGANKU. Either bank Syariah maupun Non-Syariah tetap harus menyediakan program ini. Akan tetapi saya belum sempat mengunjungi kantor Bank Syariah.

Yang perlu teman-teman ketahui, bahwa untuk beberapa bank, program ini kurang diminati karena tidak terlalu menguntungkan bagi mereka. Wajar saja, bila kita membuka tabungan, mereka tidak akan langsung menawarkan jenis program TABUNGANKU. Akan tetapi, bila teman-teman sudah memilih untuk membuka program TABUNGANKU, langsung saja ke bank yang teman-teman inginkan dan sampaikan ingin membuka TABUNGANKU. Mereka juga tetap akan membantu.

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di Investasi dan Bisnis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s