Ide Capsule Hotel di Setiap Stasiun Kereta Api


Andi Hendra Paluseri
Newbie Traveller

Capsule hotel adalah tempat penginapan yang umumnya terkategori low cost. Mengapa? karena memanfaatkan ruangan sangat terbatas (bentuknya seperti kapsul) dan sharing beberapa fasilitas umum juga seperti kamar mandi, wastafel dll.

Pengalaman saya pertama kali menggunakan Capsule Hotel adalah di Jepang 5 bulan lalu. Kala itu extend business trip dengan biaya sendiri. Hotel yang saya gunakan adalah Capsule Land Yushima yang berada di dekat Ueno Park.

Hasil gambar untuk capsule land yushima

Oiya sedikit testimony dari saya terkait Capsule Land Yushima-Tokyo, resepsionisnya agak kasar. Mereka tidak dapat berbahasa inggris, jadinya traveler yang direpotkan.

Balik lagi ke topic utama!. Jadi, sebagai low budget traveller, saya sering kesusahan untuk mendapatkan penginapan murah yang lokasinya berada di dekat pusat transportasi di beberapa daerah di Indonesia. Kalaupun biayanya murah, lokasinya juga tidak strategis.

Dalam dunia perhotelan, terdapat rumus “segitiga Hendra” dimana factor Harga, Ukuran dan Lokasi akan saling Tarik-menarik. Kalau mau lokasinya strategis, yah harga atau ukuran kamar harus dikorbankan (harganya tinggi atau ukurannya kecil). Nah, bila kita menginginkan hotel yang harganya murah namun lokasinya strategis, mau tidak mau yah ukuran kamarnya yang harus dikorbankan. Bisa? bisa kok, Capsule hotel solusinya.

Misal nih, kalau kita mau main-main ke Bandung naik kereta api. Begitu sampai stasiun Bandung, tinggal pesan hotel, taruh barang.. cus langsung bisa jalan-jalan mengelilingi Bandung. Begitu juga di Semarang, Jogja, Surabaya, Malang dan kota-kota lain yang memiliki stasiun kereta api.

Hal ini juga menguntungkan PT KAI, mengapa? karena dengan mengusung konsep Capsule Hotel, PT KAI dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Bayangkan saja, 1 kamar standard dapat diubah menjadi 4-8 kamar Capsule.

Menguntungkan Indonesia? tentu saja, dengan kemudahan fasilitas penginapan tentunya akan semakin banyak traveler yang berwisata di Indonesia. Traveller senang, bangsa menang. Konsep ini juga untuk meminimalisir potensi perbuatan mesum para ttraveller karena biasanya dalam satu capsule hanya diperbolehkan satu orang saja.

Di akhir, penulis mau memberikan satu kuis berhadiah 1 tiket menginap 1 hari di Hotel Patrajasa manapun. Caranya, pembaca tinggal meshare artikel ini ke grup wasap/facebook dan grup lainnya. Bukti share tersebut diwasap ke andi 0857 6262 3579. Kuis ini berlaku sd 8 September 2017 pukul 12 siang. Pemenang kuis akan diinfokan pada hari yang sama pukul 13.00.

Jangan lupa juga follow instagram @kabayanshopper dan instagram @envobol. Terima kasih

#newbietraveller
#www.envobol.com

 

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di kisah hidupku. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s