Waspada – Penipuan Jenis Baru


Hari ini atasan saya di kantor sharing terkait modus penipuan yang beliau alami. Jadi ceritanya ada orang yang me-whatsapp beliau mengatasnamakan “seseorang” yang dikenal oleh atasan saya (anggap saja X). Untuk meyakinkan atasan saya tersebut, pelaku mengirimkan foto X tersebut.

Untungnya atasan saya mencari tahu ke orang lain tentang kondisi X. Setelah dikonfirmasi lebih lanjut, ternyata yang me-whatsaap atasan saya bukanlah X namun orang yang mengaku-ngaku saja.

Ini modus yang menyeramkan sih. Bayangkan bila kita dimintai bantuan oleh nomor lain yang mengaku ngaku orang yang kita kenal sambil menggunakan profile picture orang tersebut. Saya yakin kebanyakan orang tidak akan mengecek lebih lanjut dan sebagian akan langsung membantu.

 

Untuk itu, bagi teman teman, harap hati hati bila ada orang yang mau meminjam sesuatu. Siapa tahu itu merupakan ulah oknum yang mengambil data orang lain.

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di Investasi dan Bisnis. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Waspada – Penipuan Jenis Baru

  1. otidh berkata:

    Aku juga pernah ngalami kasus sejenis sih. Orang tuaku pernah ditelepon dikabarin aku kena kecelakaan. Untung orang tua nggak langsung percaya. Pake telepon rumah coba. Entah dapat dari mana. Di era digital sekarang, data kita gampang banget tersebar dan rawan disalahgunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s