E-KTP Anda Belum Jadi? Telpon 1500537


Setelah habis liburan dari kampung, kemarin saya menyempatkan diri untuk mengurus E-KTP saya yang belum jadi sejak setahun lalu. Nah ceritanya bulan lalu saya mendapatkan berita bahwa akan dilakukan pameran Hari Korpri di Dukcapil Pasar Minggu pada 26 – 29 November 2017 dimana salah satunya adalah booth pencetakan ektp.

Hasil gambar untuk hari korpri pasar minggu ektp
Karena E-KTP saya memang masih belum kelar, jadi langsung saja pada hari minggu, 26 November 2017 saya sempatkan ke booth ini dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan seperti fotokopi Suket dan fotokopi KK. Petugasnya menyampaikan bahwa apabila E-KTP saya sudah dicetak, akan diinfokan melalui SMS.

Mengingat prosesnya sudah sebulan lebih, saya mencoba untuk mencari tahu apakah E-KTP saya sudah dicetak atau belum. Salah satu cara yang saya lakukan adalah mengirim pesan ke nowor whatsapp aduan Depdagri. Namun tidak ada jawaban.

Akhirnya saya menemukan cara lain yang lebih jitu, yaitu menelpon ke Call Center Depdagri di 1500537. Alhamdulillah panggilan saya dijawab dan diinfokan bahwa e-ktp saya sudah tercetak. Waw…! Saya diarahkan untuk mengambil e-ktp di dukcapil setempat. Karena saya warga Bojonggede, maka saya harus mengambilnya di dukcapil Cibinong.

Setelah menempuh perjalanan 60 km dari Jakarta menuju Cibinong, saya lihat antrian orang-orang sudah sangat panjang

20171228_131755.jpg

 

Oke, mari menunggu. Kemudian sayapun masuk ke ruangan pembuatan ektp sementara dan menyampaikan kepada petugas (anak-anak PKL) didalamnya bahwa saya diinfokan oleh Call Center Depdagri untuk mengambil E-KTP di Dukcapil Cibinong. Kemudian saya menunggu lain, setelah 1 jam berlalu, petugasnya menyampaikan kepada saya bahwa ektp saya belum ada di Dukcapil Bojonggede.

Akhirnya saya tumpahkan kekesalan kepada petugas call center Depdagri (Hapunten nyak,.. udah marah2, maklumlah darah medan yang sudah belajar banyak cara mengomel dari inang-inang Sambu). Sayapun langsung menghadap ke Kasubag di Dukcapil tersebut sambil dijelaskan bahwa memang ektp saya belum ada di Dukcapil Cibinong. Oiya, harusnya memang mengambil e-ktp itu di kecamatan yah, tp saat kecamatan Bojonggede saya telpon, mereka bilang tidak ada. Tapi karena disarankan oleh petugas call centernya ke Dukcapil yah saya tetap kejar.

Petugas call center Depdagri-pun saya telpon tiap 10 menit dengan no pelaporan 482XX. Saya akhirnya memaksakan diri untuk pergi ke Dukcapil Pasar Minggu tempat dimana pelaksanaan pameran dan booth ektp bulan lalu. Petugas call center tetap meminta saya untuk bersabar dan tidak ke Pasar Minggu. Di data mereka memang ektp saya sudah tercetak namun bila tidak ada di Dukcapil Cibinong, kemana ektpnya? Dimakan buaya? dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab? (“itu yang terlintas di pikiran saya”).

Petugas call centernya tetap saya telpon tiap 10 menit dalam perjalanan saya dari Cibinong ke Pasar Minggu. Akhirnya saya dibolehkan untuk ke Pasar Minggu dan menemui petugas disana atas nama Pak XXXX (“lupa euy namanya”). Sampai di Dukcapil Pasar Minggu, sayapun diarahkan ke lantai 3. Dan walhasil ternyata EKTP saya memang ada di Pasar Minggu.. yeay..

20171229_145510.jpg

Setelah saya mendapatkan ektp tersebut, saya telpon lagi petugas call centernya dan memberitahu bahwa pelaporan no 482XX telah selesai dan EKTP saya juga sudah didapatkan.

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di Budaya Bangsa, kisah hidupku, My Family. Tandai permalink.

4 Balasan ke E-KTP Anda Belum Jadi? Telpon 1500537

  1. andihendra berkata:

    Yeayy… tahun depan gw udh bisa milih bupati bogor dan gubernur jabar

  2. otidh berkata:

    Mantapp… akhirnya punya e-KTP juga. ūüėÄ

  3. Anonim berkata:

    Selalu ya kalo berusan dengan masalah kepemerintahan itu kalo ngga di php yaaa di pimpong……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s