Bila mutasi KTP sudah, Kapan mutasi SIM sebaiknya dilakukan?


Di artikel sebelumnya, saya telah sharing terkait proses penerbitan EKTP saya yang cukup lama. Domisili yang saya gunakan di EKTP ini juga domisili baru (Kecamatan Bojonggede – Kabupaten Bogor) sehingga harus melalui proses mutasi terlebih dahulu.

Nah, setelah EKTP saya terbit pada akhir Desember 2017 lalu, muncul pertanyaan baru! bagaimana dengan nasib SIM A & C saya yang alamat domisilinya masih menggunakan daerah Kota Medan? Sebagai warga negara yang baik tentu saja saya perlu mencari tahu apa yang harus saya lakukan.

Saya tidak mau suatu saat terulang kembali kejadian kriminalisasi dokumen kewarganegaraan seperti yang dialami oleh Bapak Abraham Samad (Mantan Ketua KPK Era SBY dan Jokowi). #eehh…

Oke, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba melakukan mutasi SIM A & C yang saya miliki di mobil Samsat Keliling yang ada di Car Free Day Monas pada 31 Desember 2017 kemarin (meskipun CFDnya ternyata dibatalkan di hari-H).

20171231_090433.jpg

Sampai di Samsat Keliling tersebut, saya langsung bertanya kepada petugas. “Pak, apakah saya bisa melakukan mutasi SIM disini?” Bapaknya mengiyakan sambil meminta dokumen SIM saya. Namun ternyata karena masa berlakunya masih lama yaitu sampai November 2019, petugas tersebut meminta saya untuk memperpanjangnya di tahun 2019 saja sehingga untuk saat ini saya masih dapat mempergunakan kedua SIM saya.

Kesimpulannya: Bila mutasi KTP dilakukan, rekan-rekan perlu juga melakukan mutasi SIM dan dokumen kewarganegaraan yang lain. Namun disarankan dilakukan pada saat masa berlaku dokumen kewarganegaraan yang lain tersebut akan berakhir.

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di Budaya Bangsa, Hukum Bisnis, kisah hidupku. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s