Masih Ketombean? Ini nih Tipsnya


Untuk urusan rambut, saya hampir putus asa terhadap masalah ketombean. Ketombean sudah sering saya alami sejak masa SMA. Setelah melakukan riset dari berbagai literatur, ternyata ada beberapa penyebab yang memicu seseorang mengalami masalah ketombean yaitu [1]:

    • Proses Menyikat Rambut – Menyikat rambut berguna untuk meluruhkan sel kulit mati di kepala dan membantu melancarkan aliran darah untuk menyuplai oksigen bagi kulit kepala dan rambut. Sebaiknya pilihlah sikat rambut yang berkualitas baik atau sisir bergigi lebar untuk menyisir rambut dua kali sehari.
    • Keramas Tidak Teratur – Kurang rajin keramas meninggalkan residu sisa kotoran sebelumnya pada kulit kepala berupa sel kulit mati dan minyak. Hal ini akan mengakibatkan ketombe dan kulit kepala gatal. Anda bisa menggunakan sampo herbal dan keramas setiap dua hari sekali, gunakan kondisioner sekitar beberapa senti dari kulit kepala, dan pastikan untuk membersihkan sisa sampo dengan tuntas.
    • Stress – Stress tidak hanya mempengaruhi mental namun juga mempengaruhi fisik. Trauma emosional, tekanan pekerjaan, musim ujian sekolah, bisa menyebabkan ketombe dan akhirnya menyebabkan rambut rontok. Anda bisa melakukan cara mengelola stress dengan tetap mempertahankan rutinitas harian, menjaga pola makan dan asupan makanan serta minuman.
    • Produk Rambut – Sebaiknya janganlah terlalu mengandalkan gaya rambut seperti di salon setiap saat, karena sesungguhnya hal itu adalah gaya rambut buatan yang menggunakan banyak bahan kimia dan panas untuk mempertahankan bentuknya. Anda tetap bisa mendapatkan rambut yang bergaya dengan melakukan perawatan secara alami.
    • Kurang Gizi – Gaya makan modern sedikit banyak juga menyumbang terhadap munculnya ketombe. Makanan olahan, gula atau pemanis buatan, makanan yang digoreng dan berlemak dapat menyebabkan peradangan yang bisa menyebabkan pengelupasan kulit dan lalu ketombe. Anda bisa mengurangi makanan – makanan yang tidak sehat tersebut dan menggantinya dengan makanan yang mengandung gizi banyak.

Nah, sudah tahu kan penyebab-penyebabnya. pertanyaan selanjutnya, adakah cara mengatasinya? Banyak! Beberapa caranya adalah sebagai berikut [2]:

Hasil gambar untuk lidah buaya1. Menggunakan Lidah Buaya

Ambil gel daging yang terdapat bagian tengah lidah buaya. Gunakan gel tersebut untuk di oleskan ke seluruh bagian kepala sampai merata. Untuk hasil yang lebih baik dan maksimal bisa menggunakan penutup kepala dengan handuk agar terserap sempurna. Sesudah itu bilas dengan menggunakan air sampai gel hilang.

2. Memanfaatkan Jeruk Nipis

Ambil satu sampai dua buah jeruk nipis. Selanjutnya diperas dan ambil air sari jeruk nipisnya. Hasil perasan itu di oleskan keseluruh bagian kulit kepala sampai rata. Lakukan cara ini secara teratur bila perlu sebanyak 3 kali dalam seminggu. Sesudahnya kita harus membersihkan rambut yang sudah dibaluri dengan jeruk nipis sampai bersih.

3. Menggunakan Kangkung

Siapkan satu ikat kangkung lalu rebus dengan menggunakan dua gelas air hingga tersisah satu gelas saja. Sesudahnya ambil kangkung yang direbus tadi dan peras sampai keluar sari airnya.

Gunakan air sari kangkung untuk membalurkan ke seluruh bagian kepala sampai merata. Diamkan 20 sampai 30 menit. Selanjutnya bersihkan dengan air sampai bersih. Jika anda melakukannya secara teratur dan konsisten maka hasilnya akan tampak setelah beberapa hari. Sehingga ketombe di kulit kepala anda akan menghilang.

41DjURoY06L._SY450_

Selain menggunakan bahan-bahan alami diatas, saya menemukan cara lain yaitu menggunakan shampoo dari Oriflame dengan HairX Dandruff Rescue Shampoo. Saya sendiri sudah menggunakannya lebih dari 4 bulan dan alhamdulillah sudah kelihatan hasilnya. Ketombe saya sudah jarang muncul.

Bagi teman-teman yang mau mesan, bisa mesan melalui saya-Andi (0857 6262 3579)

Referensi:
[1] https://klinikkecantikan.co.id/perawatan/rambut/cara-menghilangkan-ketombe-membandel

[2] https://www.masbroo.com/cara-menghilangkan-ketombe-membandel-secara-alami.html

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di Hukum Bisnis, Investasi dan Bisnis, kisah hidupku, Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa / KOKESMA-ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s