Hati-Hati Pulsa Anda Kena Scamming


Beberapa hari terakhir, kita dihebohkan dengan kriminalitas scamming beberapa rekening nasabah Bank BUMN terbesar kedua di Indonesia. Ternyata, hal ini juga dapat terjadi dengan saldo pulsa kita.

Selama sebulan terakhir, saya sering mendapatkan SMS dari 98890. Isinya adalah voucher game di http://planetgame.id. Karena merasa tidak pernah mendaftar, saya abaikan saja. Nah, pagi ini saat sedang senggang, tiba-tiba SMS dari 98890 muncul lagi. Akhirnya saya coba cek history SMS dari 98890 tersebut, ternyata itu adalah SMS berlangganan dengan tarif Rp 2000/sms. Wah, ternyata selama sebulan terakhir ini saya tidak sadar bahwa pulsa saya berkurang begitu saja.
Screenshot_20180317-091049.png

Kemudian saya mencoba cari tahu, sebenarnya apa dan siapa itu planetgame.id. Namun setelah dicoba cek, eh situs tersebut tidak dapat dijangkau.

Jadi, pulsa saya disedot secara tak sadar oleh situs game palsu.

Menindaklanjuti hal tersebut, saya coba telpon call center Indo***. Dengan ramah petugasnya bertanya apakah saya pernah subscribe game ini melalui sms?, nah! seingat saya sih tidak pernah yah.

Kemudian mbak petugasnya meminta waktu untuk mengecek kartu saya. Setelah dicek, ternyata selain di 98890, kartu saya juga berlangganan di 2 layanan penyedot pulsa lainnya yaitu:

– 99986
– 97475

Waduh, gaswat kalau tidak dicek, mungkin pulsa saya akan terus menerus kesedot oleh layanan-layanan yang tidak dikenal tersebut. Mbak petugasnya pun menyampaikan untuk 99986 dan 97475, itu mungkin karena saya pernah berlangganan Ring Tone. Hmm, kayaknya pernah sih, tapi itu sudah lama banget saat jaman-jaman labil.

Dan akhirnya, kesemua layanan berlangganan tersebut akhirnya berhasil di non-aktifkan..

20180317_084547.png

Mungkin ada yang bertanya mengapa tidak sadar pulsa tersedot dengan nominal yang lumayan? Nah, ini karena saya menggunakan kartu pascabayar (ada limitnya sih)  jadi penyedotan pulsa tidak kelihatan.

Nah, bagi teman-teman khususnya yang menggunakan pascabayar, coba deh cek di SMSnya, apa terjerat dengan layanan berlangganan juga atau tidak. Untuk lebih detailnya, mungkin bisa menelpon call center provider pulsa masing-masing.

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di Ide. Tandai permalink.

2 Balasan ke Hati-Hati Pulsa Anda Kena Scamming

  1. otidh berkata:

    Wew, aku baru tahu juga pulsaku terpotong tanpa kusadari. Apa gara-gara itu juga ya. Aku pakai Indosat sih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s