Stasiun Kereta di dalam Perumahan Mewah Jabodetabek? Mustahil?


Yah, sesuai dengan judul di atas, saya dulu kira mustahil bila ada stasiun kereta yang berada di dalam perumahan mewah. Tapi itu dulu lho, kini saya bisa sedikit optimis hal ini dapat direalisasikan di Jabodetabek mengingat sudah menjamurnya proyek-proyek Apartemen yang berkonsep Transit Oriented Development (“TOD”).

Contohnya seperti Cisauk Point Apartement di area Stasiun Cisauk (developer Adhi Karya), TOD Tanjung Barat (developer Perumnas), TOD Pondok Cina (developer Perumnas) dan yang terakhir adalah TOD paling mewah dan berfasilitas super lengkap dengan harga terjangkau di Kota Bekasi yaitu Tamansari Urbano Apartement yang dibangun oleh Patrajasa (anak perusahaan Pertamina). [Bila tertarik Tamansari Urbano Bekasi, hubungi Andi 0815 8680 9496]

tamansari-urbano

Memang sih, proyek properti vertikal ini sangat memudahkan penduduk untuk bisa beraktivitas dengan cepat ke kantor serta mengurangi stress akibat kemacetan. Namun sebagian orang juga masih berpandangan (termasuk saya) bahwa rumah tapak lebih baik dibandingkan apartemen. Mengapa rumah tapak lebih baik?

  1. IPL perumahan pada umumnya lebih murah yaitu berkisar antara 100-200Rb/bulan. Sementara IPL apartemen, untuk ukuran terkecil saja (21 m2) itu perbulannya minimal 250rb.
  2. Beberapa pengelola apartement menambahkan margin di biaya Air dan Listrik yang menyebabkan tagihan bulanan Air & Listrik di Apartemen akan lebih besar dibandingkan perumahan.
  3. Ukuran apartemen umumnya lebih kecil dibandingkan perumahan (dengan harga yang sama).
  4. Terakhir, penggunaan Apartemen biasanya dibatasi waktu sehubungan dengan kemampuan bangunan vertikal itu sendiri.

Dengan pertimbangan-pertimbangan diatas, alhasil pada akhir Februari 2018 saya pun akhirnya memutuskan untuk membeli rumah 2 lantai di Permata Cimanggis Depok untuk ditinggali dalam waktu lama. Lokasinya cukup strategis karena berada di Jalan Raya Tapos dan hanya berjarak 4 km dari pintu tol Cimanggis. [Bila tertarik Perumahan Permata Cimanggis Depok, hubungi Andi 0815 8680 9496]

Rumah-Permata-Cimanggis-Depok-Indonesia

Namanya manusia, yah wajar tidak akan pernah puas! pengennya lokasi sama seperti apartement-apartement TOD yang dijelaskan di atas namun bentuknya perumahan dan representative. Mulailah saya browsing-browsing. Kalau di Cilebut itu ada perumahan yang dekat stasiun yaitu Pesona Cilebut, di Bojonggede juga ada perumahan  yang dekat stasiun yaitu perumahan Gaperi. Namun kalau dilihat lebih detail, jalur dari perumahan tersebut ke Stasiun membutuhkan perbaikan yang lebih sehingga tidak  layak dipandang sebagai TOD.

Sebenarnya hampir putus asa sih mencari perumahan yang benar-benar ada stasiun di dalam perumahan tersebut (konsepTOD-red). Namun minggu lalu, saya tak sengaja menonton Youtube dan menemukan stasiun baru yang bernama Stasiun Telaga Murni. Hebatnya, Stasiun Telaga Murni ini dibangun khusus oleh Developer Perumahan Metland Cibitung untuk memfasilitasi transportasi khususnya bagi penghuni perumahan Metland Cibitung yang mengelilingi stasiun tersebut.

Master+Plan+Metland+Cibitung

Metland Cibitung menjadi proyek perumahan yang sangat prospek mengingat posisinya yang strategis karena berkonsep TOD, serta jarak dari Stasiun Telaga Murni ke Stasiun Cikini hanya 60-an menit saja. Untuk spesifikasi bangunan, saya sudah lihat sendiri di beberapa cluster terbaru menggunakan spesifikasi bangunan yang mewah dan representative [Bila tertarik Perumahan Metland Cibitung, hubungi Andi 0815 8680 9496]

Kesimpulan akhirnya stasiun kereta di dalam perumahan bukanlah hal yang mustahil saat ini. Metland Cibitung sebagai satu-satunya perumahan berkonsep TOD di Indonesia  saat ini menjawab tantangan tersebut.

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di Ide. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s