Solusi Pencegahan Kriminalitas bagi Konsumen dan Driver Taksi Online


Oleh Andi Hendra Paluseri

Beberapa bulan terakhir, publik dikejutkan dengan semakin maraknya pembunuhan dan perampokan di taksi online dimana korbannya terkadang konsumen dan terkadang juga driver taksi online tersebut.

Untuk mencegah tindakan kriminal tersebut kedepannya, saya mencoba share tips yang mungkin dapat dilakukan baik bagi konsumen maupun driver taksi online.

A. Bagi Konsumen Taksi Online

  1. Apabila saat akan menaiki taksi online, periksa bagasi maupun seat belakang taksi tersebut. Apabila ditemukan orang lain, maka taksi yang bapak/ibu akan tumpangi sangat berpotensi untuk melakukan tindakan kriminal. Sebaiknya cancel taksi tersebut.
  2. Apabila diperjalanan Bapak/Ibu menemukan gerak-gerik yang mencurigakan, terutama jalurnya sangat tidak sesuai dengan jalur normal (kecuali apabila karena macet), sebaiknya Bapak/Ibu juga minta berhenti kepada driver taksi online
  3. Sebaiknya hindari jalur sepi/minim penduduk.

B. Bagi Driver Taksi Online

  1. Bagi driver taksi online, akan relatif lebih sulit mengingat driver tidak dapat serta merta me-cancel tumpangan yang telah dia approve. Namun apabila memang sudah kelihatan mencurigakan, sebaiknya driver jangan ambil risiko dan segera men-cancel. Tidak apalah dapat rating jelek dan diadukan ke CS daripada harus kehilangan harta apalagi nyawa.
  2. Sebenarnya ada cara lain dan ini sudah diterapkan di beberapa negara yaitu menggunakan dinding kaca pembatas. Seperti dibawah ini:

IMG-20180428-WA0004
Dengan menggunakan pembatas kaca tersebut, driver tidak perlu khawatir atas potensi kriminal yang dapat dilakukan baik dari konsumen sebelah kirinya maupun dari konsumen yang duduk di bagian belakang.

Untuk pembayaran, driver dapat menyediakan nampan kecil yang dapat disodorkan dari bawah kaca dan penumpang tinggal membayar taksi online dengan menempatkan uang di nampang kecil tersebut.

Nah, keamanan bagi konsumen dan driver tersebut akan lebih terjaga apabila didukung oleh provider taksi online. Caranya:

  1. Provider taksi online mewajibkan SOP bagi driver taksi online untuk menunjukan bahwa di dalam taksi tersebut tidak ada orang lain baik di bagasi maupun di seat belakang.
  2. Provider taksi online mewajibkan bagi mobil rekanan untuk menyediakan fasilitas pembatas kaca yang akan melindungi keselamatan para driver.

Saya berharap hal ini dapat segera diimplementasikan agar lingkungan yang nyaman dan aman dapat segera kembali hidup di bisnis taksi online.

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di Ide. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s