Mitigasi Tindakan Kriminal di Lingkungan Rumah


Andi Hendra Paluseri

Menjelang hari raya, tindak kriminal semakin meningkat. Saya pernah melihat dengan mata kepala sendiri di perempatan Kelapa Gading-Tifolia Apartemen 2 tahun lalu, dengan cepat seorang pencuri berpisau mengambil handphone yang sedang digunakan oleh seorang pengemudi. Dilalanya, pengemudi tersebut membuka kaca mobil selebar-lebarnya karena ingin merokok sehingga pencurianpun dengan mudah terjadi.

Tanpa ada perlawanan sama sekali, pencuri/penjambret/begal tersebut melenggang kangkung berlari menuju temannya yang menunggu di seberang halte menggunakan motor. From this moment, saya sudah tidak berani lagi membuka kaca mobil ketika sedang bermacet2an di jalan raya Jakarta.

Kemudian beberapa minggu lalu, publik lagi-lagi dikejutkan dengan video upaya perampokan sebuah rumah bersenjata api di daerah Karawang. Video tersebut viral di sosial media. Nah, yang jadi pertanyaan, bagaimana langkah kita bila hal serupa terjadi di lingkungan perumahan kita (amit amit.. jangan sampai terjadi yah).

Langkah yang pertama, bila membahayakan, jangan melawan. Hal ini sama saja dengan mempertaruhkan nyawa Anda. Masih ingatkan sekitar tahun lalu, maling motor yang menembak mati korban di sebuah perumahan di Tangerang gara-gara korban melempar maling tersebut dengan sapu (hal ini terekam CCTV).

Langkah kedua, upayakan untuk mencari pertolongan baik dengan menelpon satpam, tetangga, maupun polisi. Nah, disinilah diperlukan peran kepolisian untuk sering-sering mensosialisasikan call center yang dapat dengan mudah dihubungi oleh masyarakat. 2 detik yang lalu saya baru saja google dan nemu call center polisi di 110.

Langkah ketiga, ini sebagai upaya mitigasi!. Sebaiknya di sebuah perumahan dibuat whatsapp group yang berisikan warga, satpam serta perwakilan polisi yang bertanggung jawab atas keamanan lokasi tersebut. Sehingga bila terjadi tindakan kriminal, korban dapat langsung update di group sehingga para warga dapat waspada serta pertolongan dari satpam dan polisi dapat segera didapatkan.

Membuat whatsapp group lingkungan sekitar ini sangat bermanfaat. Contohnya seperti di lingkungan East Park Apartemen, Buaran, Jakarta Timur. Para warga terhubung di grup whatsapp dimana bila terjadi tindakan yang meresahkan dapat langsung diketahui oleh semua warga dan dapat langsung ditindaklanjuti oleh petugas berwenang.

Screenshot_20180529-195357.png

Dari semua apartemen di Jakarta, saya baru nemu ada apartemen yang tingkat kekeluargaannya sangat baik seperti ini. Bagi Bapak/Ibu yang mau menyewa di apartemen ini juga dapat menghubungi saya (0815 8680 9496).

Oke, balik lagi ke masalah tindakan kriminal tadi. Jangan sepelekan sekecil apapun potensi kriminal yang berpotensi terjadi di lingkungan kita. Karena potensi tersebut dapat menjadi modal bagi pelaku kriminal untuk menjalankan aksi jahatnya. Masih ingat kan dengan peristiwa tragis di perumahan elit di daerah Pulomas dimana para pelaku ternyata berhasil masuk karena pintu gerbang rumah tidak terkunci.

Jadi, tetap waspada yah.

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di Ide, Investasi dan Bisnis, kisah hidupku, My Family. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Mitigasi Tindakan Kriminal di Lingkungan Rumah

  1. otidh berkata:

    Teteup ada unsur iklannya ye bang.. :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s