Nasehat Untuk Kepengurusan KBL 2011

Adik-adikku, yah disini terpaksa kupanggil kalian ‘adik’ meskipun diantara kalian ada yang hanya terpaut beberapa bulan dari kelahiranku. Tapi, tak apalah, tetap aku lebih tua. Yang menandakan betapa sayangnya diriku ini terhadap kalian semua.

Pilihan untuk tetap berkarir di kantor baru, Kantin Barat Laut-Kokesma ITB sebenarnya bukan kalian terima mulai tanggal 23 Januari ini namun mulai tahun lalu sejak kalian menyatakan diri untuk bergabung menjadi maganger di KBL. Yah, ini adalah pilihan yang cukup berat. Berat sekali bila kalian tidak menyiasatinya dari awal. Sangat berat sekali bila kalian dari awal sudah memikirkan bahwa berkarir di KBL adalah sesuatu yang berat. Maka dari sekarang, kamu yang membaca artikel ini, harus sudah mengubah paradigma yaitu BERKARIR DI KBL SANGAT MENYENANGKAN.

Adik-adik, Kalian tahu bisnis kuliner di kampus merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati karena mahasiswa selalu membutuhkan makanan, dan itu tergantung dari bagaimana kalian memberikan pelayanan kepada mereka. Pelayanan yang dimaksudkan adalah pelayanan proses penjualan, kebersihan, ketenangan dan sebagainya. Jadi, untuk para pengurus KBL harus selalu masang wajah senyum yah terhadap pelanggan. Jangan sampe ada wajah-wajah cemberut garut dari wajah kalian apalagi wajah angkuh.

Ok, langsung dimulai nasehatnya (Nah, lho yang barusan itu, bukan nasehat?!, Oh, yang diatas masih Prolog ternyata). Begini, yang paling krusial adalah masalah program subsidi KBL untuk mahasiswa sebagai pengganti ‘pembayaran upeti’ ke Rektorat. Adik, abang menyadari kalo setiap tahun selalu diadakan manipulasi Beasiswa Makanlah, Charity Fridaylah dan lain sebagainya, yang abang takutkan malah mental kalian menjadi mental penjahat. Abang takut banget.  Kalau bisa dirundingkan kembali ke pihak-pihak lain agar jangan sampai terjadi kedepannya manipulasi-manipulasi ini. Mungkin dapat dibenarkan secara syar’i (Nah, lho ngomong apa pulak awak, make istilah Syar’i), akan tetapi ini abang rasa tidak sehat untuk kalian.

Setelah itu, tentang karyawan. Abang gak mau menjelaskan satu persatu disini tentang karyawan kita. Namun disini yang abang tekankan adalah bertindak tegas dan cerialah kepada mereka. Tegas dalam hal kedisplinan dan ceria dalam hal bergaul. Gaulilah mereka (Gaul dalam artian positif) dengan sebaik mungkin. Banyak pelajaran hidup yang akan kalian dapatkan dari bergaul dengan mereka. Yang perlu kalian lakukan lagi, untuk karyawan tetap adalah tidak harus terlalu kejam bila harus membentak (selama ini, saya hanya membentak ke beberapa karyawan kontrak dan partimer bila mereka melakukan kesalahan. Ini dilihat dari kondisi umur mereka yang sudah sepuh juga). Oiya, abang takut kelupaan (Pak Jajang (47thn), Pak Amir (50thn), Teh Jujun (47thn) dan Pak Engkus (40thn)). Begini regenerasinya, setidaknya untuk 10 tahun kedepan.

1) 3 tahun lagi bu Jujun Pensiun (Kary.Wanita Pensiun umur 50). Nah, ini si Lies dari sekarang sudah diwanti-wanti agar memperbaiki kedisplinannya kalau mau dilantik menjadi karyawan tetap KBL. Nah, setelah si Lies dilantik, yang paling mungkin adalah si Rini yang menjadi asisten kepala kasir aka karyawan kontrak.

2) 5 tahun lagi, Pak Amir pensiun. Pak Bambang jadi Kepala Minuman. Lalu si Pak Ade dari Asisten Kepala Karyawan pindah menjadi asisten kepala minuman (ini berarti pangkat tidak naik, cuma ganti jabatan aja).

3) 8 tahun lagi, Pak Jajang Pensiun. Pak Engkus dari Kepala Dapur menjadi kepala karyawan. Nah, Mas Angga dari Asisten Kepala Dapur menjadi Kepala Dapur (Naik Jabatan). Sedangkan Asisten Kepala Karyawan dipegang sama si Tata.

Yah, jadi regenerasinya dirancang seperti itu. Biar gak memusingkan di masa depan.

Nah, untuk beberapa program yang harus diperhatikan sebagai berikut,

1) Delivery Service, program ini harus dikembangkan yah. Soalnya cukup tenaga lho untuk establishing this program

2) Jualan Malem, PENCATATAN KEUANGAN JANGAN DIPEGANG SAMA KARYAWAN YANG JUALAN MALAM. Ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Pelaporan keuntungan ke kasir, paling telat dilakukan tiap jumat setiap minggunya.

(udah capek, kapan2 saya lanjutin lagi)

Iklan

Satu Balasan ke Nasehat Untuk Kepengurusan KBL 2011

  1. andihendra berkata:

    Bagi yang mau lihat rekomendasi proker dari saya
    silahkan buka
    https://andihendra.wordpress.com/rekomendasi-kbl-2011/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s